Kamis, 26 Januari 2012

Intersected Social Structure

Suatu struktur sosial dinamakan intersected apabila keanggotaan para warga masyarakat dalam kelomopk-kelompok sosial yang ada bersifat silang-menyilang (interseksi). Sebuah kelompok sosial anggota-anggotanya berasal dari berbagai latar belakang, ras, suku bangsa, maupun agama. Sehingga orang-orang yang berbeda suku bangsa, ras, dan agama dapat berkumpul dalam suatu kelompok sosial.

Misalnya, dalam keanggotaan pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan partai Golkar setiap pengurus parpol beranggotakan orang-orang yang berasal dari berbagai macam ras, suku bangsa, agama, dan profesi. Diantara anggota terjalin komunikasi dan interaksi untuk kemajuan partai mereka walaupun mereka berbeda dalam hal agama, suku bangsa, dan ras.
Struktur sosial yang terinteraksi berfungsi positif terhadap proses integrasi sosial dalam masyarakat majemuk, karena memungkinkan orang-orang yang berbeda ras, suku bangsa, agama, maupun profesi dapat saling bergaul dan berinteraksi melalui kelompok-kelompok sosial yang ada. Keanggotaan para warga masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial yang saling menyilang (intersected atau cross cutting affiliation)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar