Jumat, 20 Januari 2012

Struktur Sosial

       Untuk mendefinisikan kosep struktur sosial ternyata tidak semudah yang dibayangkan, hal ini mengingat bahwa sosiologi itu merupakan ilmu yang banyak teori dan paradigm. Goerge C Homans mengingatkan struktur dengan perilaku sosial elementer dalam hubungan sosial sehari-hari di masyarakat, sedangkan menurut Talcott Parsons bahwa struktur itu ada hubungannya dengan saling keterkaitan antara instusi-instusi.

sebagian ahli sosiologi di Indonesia menganggap bahwa struktur sosial identik penggambaran tentang suatu lembaga sosial dengan istilah pranata sosial, bangun sosial, dan lembaga kemasyarakatan. Dalam antropologi sosial, konsep struktur sosial sering dianggap dengan organisasi sosial, terutama apabila hubungan dengan masalah kekerabatan dan kelembagaan.
Dengan tidak mengurangi unsur dasarnya, struktur sosial dapat kita batasi sebagai tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang merupakan jaringan dari unsure-unsur sosial yang pokok. Menurut Soerjono Soekanto, unsur-unsur sosial yang pokok itu antara lain adalah kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi social, kekuasaan dan wewenang, untuk memperjelas hakekat struktur sosial dapat kita kenali lewat ciri-ciri dari struktur sosial itu sendiri.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar